Selasa, 11 Oktober 2011

Bom Hidrogen

"Bom hidrogen merupakan bom yang mampu meledak ratusan kali lebih dahsyat dari bom atom karena didahului oleh reaksi fisi (pembelahan) yang merangsang terjadinya reaksi fusi (penggabungan atom รข€“ atom hidrogen).Supaya bisa terjadi reaksi fusi maka inti atom harus berada pada suhu yang sangat tinggi dengan berorde jutaan derjat celcius. Reaksi fusi terjadi pada matahari yang merupakan sumber energi di bumi. Maka pada bom hidrogen ini dipasang bom atom untuk mengawali ledakan sehingga menimbulkan suhu yang sangat tinggi, sebab hanya ledakan fisi U-235 atau fisi Pu-239 yang dapat mencapai suhu setinggi ini. Jika suhu itu sudah sangat tinggi rekasi fusi akan bisa terjadi. Maka dapat disimpulkan pada bom Hidrogen terdapat 2 bom nuklir, yaitu bom atom terjadi melalui reaksi fisi dilanjutkan ledakan besar akibat dari reaksi fusi. Hasil dari reaksi ini berupa gas He dan dalam reaksi di lepaskan neutron cepat".(sumber disini)

Dari pengertian diatas klo saya ambil intinya, bom hidrogen bisa meledak karena suhu yang sangat tinggi dari ledakan bom atom. Klo dibahasakan secara sehari2 istilah bom hidrogen jadi konotasi yg negatif yah. Istilah itu terjadi pada kondisi ketika kita "memupuk" kekesalan berlarut-larut dalam jangka waktu yang lama sehingga pada titik tertentu emosi kita sangat tinggi dan meledak lah amarah yang selama itu dipendam atau ditahan.

Yup minggu kmrn saya mengalami efek bom hidrogen. Udah lama emang yah saya kesel ama seseorang (sebut aja si X) trus kmren ada trigger yang bikin saya jadi meledak. Kejadian ini ada hubunganya dg postingan curhat . Ceritanya kan si X berniat curhat ke si Y tapi isinya ngomongin saya, "curhatannya" tuh jauuuuh bgt dari kondisi nyatanya, makanya si Y nanya ke si Z *mu konfirmasi ttg kebenaran cerita si X soalnya Z kan deket ama saya . Teruuuus si Z bilang ke saya klo si X ama Y ngomongin sayaa,,dan jadilaah semakin semrawut,,hahhaha..

Aaah jadi intinya ada orang yg ngomongin saya di belakang dan gara2 lewat banyak mulut makanya pas omongannya nyampe ke saya jadinya lebih bombastiis. Ya wajar lah namanya juga omongan, beda orang, beda bahasa, beda cara penyampaian makanya bisa beda juga mengartikan. Berhubung saya udah lama kesel ama si X makanya gara2 kejadian itu, saya jadi semakiiiiiin dongkol. Daaan puncaknya saya ama si X saling berargumen yang akhirnya ga ada penyelesaian gara2 kita berdua masih emosi dan secara naluriah mencari pembenaran diri. Akhirnya saya ngomngin masalah ini ama mbak retno , lumayan lega sih *tapi belum ilang dongkolnya :P. Teruus mbak retno ngusulin buat bicarain masalah ini ke Pak Husni soalnya kita menganggap beliau orang yang sangaaaat bijak, sabar, dan baiik bgt. Beneraan looh pas udah ngomongin ama Pak Husni besoknya saya jadi lega bgt. Daan semakin hari semakin ga kepikiran lagi, udah nerima aja, kesel yg dulu2 juga udah mulai ga berasa, ini gara2 saya curhat ama Pak Husni ato gara2 bom nya udah meledak duluan saya juga ga ngerti. 

Tapi ya sudahlah, yang penting dari kejadian itu saya belajar banyak hal, contohnya : 

1. Kalau ga suka ama orang ngomong secara baik2 depan dia, jangan di belakang, dan kasih dia masukan buat biar memperbaiki diri *ini berlaku buat orang yang open minded aja sih, klo orang yg mutungan ga bisa kyknya dikasi kritikan...:P
2. Omongan Pak Husni yang harus ttp diinget : " Klo ada orang yang jahat ama kita, apa salahnya kita berbuat baik sama dia, paling ga kita ga usah balik jahatin dia lah, emang apa untungnya buat kita?" Dari situ saya mikir , iya juga sih klo kita balik jahatin dia artinya kita ga lebih baik doong dari dia, dan bisa jadi di depan kita lega tapi jauuuh di belakang kita nyesel.
3. Omongannya mbak retno "udah lah gil, yg waras ngalah aja" hahahaha,,iya mbaaak, berhubung saya masih mau diakui orang waras, saya ngalaah deeh :P
4. Kesabaran itu ga ada batasnya, klo sabar berbatas ga bisa dibilang sabar doong.
5. Jagalah selalu hati kita supaya sehat, bersih, ga perpenyakit, klo hati kita udah semrawut yakin deh penyakit fisik juga ikut2an dateng 

Bom hidrogen pun bisa membuat kita belajar banyak. Terkadang kita harus jatuh untuk bisa belajar berdiri dan harus meledak untuk bisa belajar menata kembali...*asal jangan udah meledak ga bisa nyusun lagi aja,hhaaha:D




2 komentar:

EnNO mengatakan...

tuh kan...tuh kan.... pak husni top bgt kaann.... hihihihihi...

udah yah, bersihkan hati, mari ciptakan suasana yang kondusif *visi misiku nyaleg suatu saat nanti*

agil ^_^ mengatakan...

mariii :P,,udah ga kesel lagi kok,,:D